REVIEW MEDELA SYMPHONY

19Finally lho bisa cobain Medela Symphony yang harganya wow. Dari dulu penasaran memang, apa yang membuat Medela Harmony ini punya harga selangit di bandingkan dengan breastpump lainnya. And now i know why! Untuk review breastpump lainnya bisa klik disini ya.

Berbicara soal pemilihan breastpump, itu cocok-cocokan ya. Brand A cocok di A belum tentu cocok di B, demikian sebaliknya. Nah perlu dipahami, cocoknya itu dalam hal apa? Setelah saya mencoba 5 brand breastpumps, saya baru tau ternyata maksudnya cocok-cocokan itu adalah cocok atau ga sama tarikannya. Jadi ada breastpump yang tarikannya kencang, ada yang lembut. Jika moms cocoknya dengan tarikan kencang, sekali ketemu dengan tarikan lembut, Payudara ga akan kosong, jadi abis pump kayak  belum pump, payudara masih kencang – batu – grenjel – ga kosong. Nah, akibat payudara yang ga kosong terus-menerus, maka produksi asi akan menurun. Sebaliknya jika moms cocoknya dengan yang lembut ketemu yang kencang, jadinya terlalu sakit sampai berdarah. Walaupun perlu diingat, sebagai ibu baru, kenalan sama breastpump otomatis akan ada adaptasi dalam arti rasa sakit pada awalnya.

Why i find Medela Symphony so great :

  • Tarikan. Medela Symphony kayaknya adalah BP terunik yang pernah saya coba dari segi tarikan. Bener-bener beda dari yang lain. Kalau biasa kita yang atur mode massage dan expressionnya, ini uda otomatis diatur sama si Harmony. Jadi ada 2 tahap yang berjalan otomatis :
    • Tahap 1 : sedotan super cepat, persis seperti bayi yang saat di tempelkan ke payudara itu sedot secepat-cepatnya.
    • Tahap 2 : sedotan super dalam, persis seperti bayi saat aliran asi udah keluar dia mulai menyedot pelan dan dalam
    • Pause. Bahkan ada sesi pausenya kayak bayi saat istirahat selagi menyusu
  • Sangat cepat dalam mengosongkan payudara. Jika dengan BP biasa itu saya butuh 15 menit, dengan Harmony only 8-10 menit.
  • Tidak sakit! Walaupun tarikannya bikin kaget awalnya tapi surprisingly ga sakit
  • Ga brisik. Walaupun mesin besar, ternyata Symphony ini ga brisik, even lebih silent dari Medela Swing Maxi nya
  • Seperti Medela lainnya, sparepart quite simple

 

Pertimbangannya :

  • Sizenya besar dan berat. Symphony ini memang di rancang bukan untuk portable breastpump. Jadi secara size memang sangat besar. Even untuk diruma, masihzquite big, jadi biasanya memang di letakkan di tempat biasa pompa biar a perlu dipindah-pindah.
  • Untuk pengoperasian harus sambil di colok listrik
  • Harganya yang cukup pricey, berkisar 7-8 juta (Update Juli 2019)

View this post on Instagram

Breastpump termahal yang pernah sy coba ya ini, moms. @medela_id Symphony. Tadinya agak sinis ngeliat bentuknya yang gede buanget buanget dan berat banget. Tapi pas cobain ya ampun, legit hospital grade ini 😍. Beda banget sama yang swing maxi yah. . . Jadi Symphony ini memang ga di peruntukkan portable, tujuannya lebih ke kualitas hospital grade nya. . . 💕Tarikan Tarikannya mantep banget. Sy sama swing maxi masih ga gitu cocok karena sy ini lebih ke yang tarikan kenceng, swing maxi masih lembut buat sy – jadi ga kosongin. Nah symphony ini amazing, tarikannya tu uda diset otomatis 2 tahap sesuai sama sedotan bayi asli. Sy juga kaget pas pertama cobain. Ternyata semua uda diset spt sedotan bayi. ✔Tahap 1 – tarikan cepat kayak bayi2 kalo baru ditempel ke PD langsung sedot buru2 ✔Tahap 2 – tarikan dalam, jadi persis kayak bayi yang pas asi nya uda keluar, dia sedotnya dalem ✔Bahkan ada pausenya Nah ini semua automatic in 15 minutes. Jadi kita ga usa repot set2 mode nya. Tinggal nyalain n enjoy. . . 💕Gentle Walaupun tarikannya kayak diatas tadi, Symphony is so gentle 👍. Ga sakit sama sekali, dan emank medela biasa terkenal dengan ga sakitnya ya. Utk tarikan seintens itu, ini tetep ga bikin sakit. Padahal sy pake level paling tinggi. . . 💕Mengosongkan lebih cepat Saya biasa butuh 15 menit pump utk bisa dapet 200 ml, ini dalam 7 menit pertama udah 200 ml. Keren sih 👍 . . 💕Sparepart simple Sparepart cukup simple, ga banyak printilan. Valve nya juga awet, ga ringkih. . . Pertimbangannya : ✔Harga nya yang pricey. But for this kind of quality, i'd say ga heran, bener2 beda sama breastpump lainnya even seri @medela_id lainnya sendiri. Nah ini bisa disewa ya moms, jadi bisa cari rental sewaan kalo mau coba. . ✔Besar dan berat, jadi emank cocok digunakan dirumah. Buat yang suka mobile, artinya harus sediakan 2 breastpump, 1 lagi yang portable . . #mtalksasi #mtalksbreastpump #breastpump #reviewmedela #reviewmedelasymphony #reviewmamikeegan

A post shared by Marlisa Abigail Tenggara (@marlisathen) on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s