Elimination Diet Untuk Eksim

Sampai hari ini, masih banyak banget yang DM nanyain ini boleh makan gak? ini boleh gak? kalo ini gimana? Yang pertama yang ingin Saya tekankan adalah, yuk kita ulang lagi belajar konsep diet untuk eksim ini. Karena once kita ngerti, pasti gak akan terlalu bingung untuk menentukan makanan yang mana yang boleh, mana yang gak. Kunci pertama perjalanan TSW adalah belajar lalu lakukan. Hindari banyak nanya, banyak ngeluh, lakukan saja dulu yang bisa dilakukan.

Okay, Saya akan mulai dengan pertanyaan,

“Kenapa dalam pemulihan eksim perlu diet?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu terlebih dulu tau apa itu INFLAMASI. Menurut wikipedia, Inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti virus, bakteri, dan jamur. Pada saat mekanisme alami ini berlangsung, sel-sel darah putih dan zat yang dihasilkannya sedang melakukan perlawanan dalam rangka membentuk perlindungan.

Eksim pada tubuh kita ini adalah salah satu bentuk dari inflamasi yang terjadi dalam tubuh. Untuk itu, kunci pertama yang harus kita kenal adalah SISTEM IMUN. Karena seluruh perjalanan pemulihan eksim akan sangat erat kaitannya dengan sistem imun. Semua yang kita lakukan baik itu diet, baik itu minum suplemen, baik itu menhindari zat kimia sehari-hari adalah DEMI SI IMUN ini. Kita butuh imun yang balance dan sehat untuk bisa memutar balikkan keadaan kita dari eksim menjadi pulih (tentunya yang utama adalah kita butuh Tuhan yang menciptakan imun dalam tubuh kita juga yah kan, that’s why never stop praying). Trussalah satu caranya supaya si imun ini sehat adalah yang kita mau bahas hari ini yaitu DIET / MENGUBAH POLA MAKAN.

Why? Karena good news nya adalah SISTEM IMUN itu 70% nya ada di sistem pencernaan kita. Jadi cukup besar yah. Makanya kenapa, kita benerin pencernaan dengan cara benerin makan supaya si 70% imun ini balance and sehat and mampu membantu kita dari dalam memerangi eksim.

“Eksim adalah sebuah sinyal / tanda bahwa ada yang ga beres dengan sistem tubuh kita.”

Jadi satu sisi memang sih rasanya depressed banget punya eksim i know, i feel you so much. Tapi sisi lain, bersyukurlah bahwa Tuhan masih kasih sinyal untuk kita bisa benerin tubuh kita sebelum penyakit yang lebih parah menyerang. Kita dikasi kesempatan untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat walaupun dengan terpaksa. Percayalah, ketika kita udah melewati proses TSW ini, your body wil thank you karena semua di detox and benerin dari dalam.

Okay balik lagi ke urusan diet..

Alasan lain untuk diet selain karena imun adalah, bahwa tubuh kita mengalami eksim = tubuh kita sedang INFLAMASI. Inget point ini ya, karena nanti akan Saya akan jelaskan kaitannya dengan diet dibawah. Tubuh kita sedang radang, makanya keluar borok eksim / iritasi / bahkan cairan. Inflamasi ini PERLU DITEKAN, perlu di redakan.

Aturan mainnya :

  1. Perbanyak makanan yang bersifat alkaline (basa) dan anti-inflammation foods (makanan yang bagus untuk meredakan inflamasi
  2. Eliminasi semua makanan / minuman yang bersifat inflamasi (inflammation foods)
  3. Minimalisasi semua makanan / minuman yang bersifat asam (acidic). Bukan yang ber-rasa asem, tapi yang bersifat ASAM.
  4. Makanan yang mengandung zat kimia (fast food, junk food, nightshades spt tomat, paprika, kentang dgn kulit, terong)) / which is sebenernya fast food and junk food udah otomatis termasuk juga di makanan acidic dan inflammation.

Jadi ini aja yang perlu di pahami dulu, supaya ga bingung menentukan makana apa yang boleh dan ga boleh di makan. Saya pernah membuat tabel makanan juga bisa cek disini.

Click here to get my Ebook (2015)

Tapi sebenarnya kita semua bisa googling sendiri juga yah kalo bingung akan suatu makanan boleh atau tidak. Cari tahu apakah makanan itu bersifat basa/asam, trus bersifat inflamasi atau gak.

Nah jadi, MAU ALERGI ATAU TIDAK, tetap kalo makanan itu bersifat inflamasi, yah sebaiknya dihindari. Karena itu ibarat menaburkan garam di atas luka. Udah luka dikasih garam ya makin perih. Ibat badan udah inflamasi, ditambah makanan inflamasi, ya makin jadi inflamasinya, artinya makin parah eksimnya.

Contoh sederhana, susu sapi dan pisang. Saya ga alergi kedua ini tapi harus saya hindari karena ini dua adalah makanan yang sifatnya inflamasi. Dan memang kalau saya lagi flare up trus minum susu sapi, PASTI makin gatal. Jadi cepet kok ketahuannya kalau kita lagi flare up dan makan makanan bersifat inflamasi. That’s why penting untuk jaga makan.

Kabar baiknya …

Sesungguhnya tubuh kita ini diciptakan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Namun seiring perkembangan jaman, jadi banyak makanan instan, makanan yang diolah secara ga sehat. Ini yang akhirnya membuat imun kita menggila kerjamua karena tiap hari harus berperang melawan banyak zat jahat (toxic / racun). Jadilah dia eror karena kita seringkali ga mengimbangu dengan nutisi yang dia perlukan untuk teta sehat. Makanya jadi penyakit.

Nah dengan perubahan pola makan ini, justru berbahagialah. Jabgan malah merasa kasihan banget jadi orang harus makan ‘ga seenak biasanya’, atau adayang mikir “harus makan kayak kambing”. ini salah banget sih, justru berbahagialah, karena saat imun kita sehat, itu semua sehat lho.

Ga usa kulit, bahkan rambut hingga kuku semua sehat. Kulit kalau udah clear up juga jadi lebih glowing, lebih sehat, lebih lembab tanpa harus banyak perawatan ini itu. Belum lagi tubuh lebih tahan akan radikal bebas, virus dan bakteri. Terutama di jaman pandemi ini, imun itu penting banget kan. Makanya, yuk ubah pola pikir kita, dan mulai jalani Elimination Diet ataupun pola makan seimbang kita dengan gembira dan bukan paksaan.

My first Eczme journey in 2015
My second flare up after 2015, is in 2020

To keep updating with me, visit my Instagram Account at @marlisathen and @seputareksim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s