BOTOL SUSU BAU SETELAH STERIL, INI PENYEBABNYA!

FB3B2CA9-A270-421A-B753-83D4E1530780Setelah beberapa bulan selalu merasa botol dan dot susu eegan sangat bau setelah steril, akhirnya saya mencoba untuk menyelidiki asal bau tersebut ya moms. Mulai dari mempertanyakan kualitas alat steril UV dirumah ke pihak brand hingga akhirnya saya mendapatkan jawabannya, dan semua ada di kebiasaan mencuci botol dan dot saya yang salah yang ternyata banyak ibu yang juga melakukan hal serupa.

Kebiasaan menimbun botol dan dot tanpa dibilas terlebih dahulu merupakan alasan utama mengapa botol dan dot susu anak berbau walaupun telah dicuci dan steril. Bau tersebut berasal dari susu basi yang kita biarkan selama berjam-jam sebelum dicuci. Jadi, beberapa tips yang telah saya lakukan yang terbukti ampuh dalam mengatasi hal ini adalah :

  • Mengganti boto dan dot susu yang sudah bau dengan yang baru (penggantian botol dan dot susu sendiri disarankan dikakukan setiap 6 bukan sekali). Botol, terutama dot susu yang sudah terlanjur bau biasanya tidak akan hilang walaupun direndam air panas sekalipun.
  • Setelah mengganti semua menjadi baru, ubah kebiasaan menimbun botol tanpa membilas. Jadi, setiap kali botol susu digunakan, bilas terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa susu baru kemudian tinggalkan untuk dicuci nanti.
  • Ada beberapa sabun pembersih botol yang lebih ampuh dalam menghilangkan bau, nah moms bisa mencoba ini. Yang saya gunakan kini adalah Babymax.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s