6 MACAM TES ALERGI

IMG_0356Ruam pada kulit anak seringkali dikaitkan dengan gejala alergi. Dan karena sangat sulit untuk mendeteksi jenis alergen setelah terjadi alergi maka tak jarang juga dikakukan tes alergi. Tes alergi sendiri mengetes kadar Imunoglobulim E spesifik terhadap zat-zat tertentu yang menimbulkan efek alergi pada darah anak. Bila nilainya lebih besar dari normal (0.1-0.4 ug/ml dalam serum) maka anak dinyatakan positif alergi terhadap alergen tersebut. Beberapa jenis tes alergi yang biasa dilakukan adalah :

  • Skin Prick Test (Tusuk Kulit)
    Biasa dilakukan untuk memeriksa alergi terhadap alergen yang dihirup (contohnya debu, tungau, serbung bunga) atau makanan (susu, udang, kepiting dan berbagai jenis makanan lainnya). Minimal usia menjalani tes ini adalah 3 tahun. Cara tes tusuk ini adalah dengan meneteskan berbagai zat makanan diatas kulit kemudian kulit ditusuk dengan jarum khusus (bukan jarum suntik) sehingga tidak menimbulkan luka atau darah dan tidak menyakitkan. Tes harus dilakukan oleh dokter alergi-imunologi.
  • Patch Test (Tes Tempel)
    Dilakukan untuk memeriksa alergi terhadap kontak dengan bahan kimia, misalnya pada kasus dermatitis eksim. Tes ini bisa dijalani oleh anak minimal usia
  • Test RAST (Radio Allergo Sorbent Test)
    Digunakan untuk mengetes alergi terhadap alergen hirup ataupun makanan. Tes ini dapat dilakukan kepada anak usia berapapun dengan cara mengambil darah anak sebanyak 2 cc yang akan diproses di mesin komputerisasi khusus.
  • Tes Kulit Intrakutan
    Mengetes alergi terhadap obat yang disuntikkan. Dilakukan pada anak usia minimal 3 tahun dengan cara menyuntikkan obat yang akan dites, jika ada reaksi alergi seperti bentol atau merah maka positif alergi.
  • Tes provokasi dan Eliminasi makanan
    Dengan cara mengeliminasi makanan yang dicurigai menimbulkan gejala alergi.
  • Tes provokasi obat
    Dengan cara meminum obat yang dicurigai menyebabkan alergi dengan dosis yang dinaikkan bertahap dan melihat apakah timbul gejala alergi.
Advertisements

11 thoughts on “6 MACAM TES ALERGI

  1. pipin says:

    hi ce marlisa, please send me your ebook. I have problem with eczema on my hand since 5 years ago ( after gave birth )

    went to one derm to another and nothing gets better.

    thanks a lot ce

    Like

  2. Hellen says:

    Helo.saya belum menerima e book nya. Boleh minta dikirim ya? Terimakasih. Mengimani kesembuhan , namun membutihkan petunjuk. Terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s