[IND] Kenapa Harus Bebas Gula

5

Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi 75-100gr gula (sekitar 20 sendok teh) dapat menekan kinerja sistem imun kita sampai dengan 5 jam. Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat mengakibatkan turunnya kinerja sel darah putih sampai dengan 50% dalam membunuh bakteri jahat dan virus dalam tubuh dan menyebabkan melemahnya sistem imun.

Dan itu yang menghalangi eksim untuk kering dan pulih. Karena gula memiliki efek negatif untuk kulit kita sehingga dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Ketika kita mengkonsumsi gula, makanan yang mengandung gula atau yang mengandung tingkat glikemik yang tinggi (akan saya jelaskan lebih lanjut), tubuh kita akan memecah karbohidrat ini menjadi glukosa di dalam tubuh yang dapat meningkatkan kadar insulin kita.

Karbohidrat sederhana ini (seperti gula halus, minuman soda, permen, milk shake, dll) akan membuat tingkat insulin dalam tubuhmu meningkat berlebihan dan pada akhirnya menyebabkan infeksi pada tubuh / kulit.

“Apa itu Glycation ?”

Glycation terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna glukosa secara sempurna (terkait dengan konsumsi gula yang berlebihan). Ketika glukosa (gula) tidak dicerna secara sempurna, glukosa tersebut menyatu dengan molekul protein membentuk sebuah sel abnormal yang kemudian kita sebut dengan Advanced Glycation End Products (AGEs).

chem2

Tubuh kita kemudian akan mulai memproduksi antibodi (sel imun) untuk memerangi AGEs yang menyebabkan infeksi di sekitar tubuh kita ini. AGEs ini menumpuk dalam sel kulit yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi keriput, kasar, kering dan kehilangan kemampuannya untuk beregenerasi. Glycation (Glikasi) ini kemudian mengakibatkan kulit terpecah, infeksi dan luka dan butuh waktu yang cukup lama untuk kemudian pulih kembali, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kulit bertambah tipis dan kekeringan contoh salah satunya Eksim.

Ini menjadi masalah ketika kamu memiliki kulit yang sensitif atau mengidap eksim, karena dapat menghambat sel kulitmu untuk memulihkan dirinya sendiri. Kamu juga dapat mengalami radang kulit (kemerahan), kulit mengering, menipis dan pecah-pecah.

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, akan semakin banyak AGEs yang dipaparkan ke sel kulit. Glycation akibat terlalu banyak kadar gula dalam tubuh mengiritasi dan dapat menimbulkan masalah-masalah kulit seperti eksim, jerawat, psoriasis dan rosacea. Tidak banyak yang tahu akan efek negatif dari Glycation ini, tetapi sebenarnya ini merupakan salah satu penyebab dari permasalahan kulit yang ada.

Itu sebabnya seringkali kita akan merasakan gatal, kemerahan, hingga eksim selepas mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi seperti susu, permen, soda, dll. Ketika kamu sedang berjuang memerangi eksim, kadar gula ini akan memicu eksimmu semakin bertambah parah.

“Berapa kadar gula yang seharusnya kita konsumsi?”

Sugar

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menjaga tingkat kadar gula yang dikonsumsi dibawah 10% dari total kalori yang dikonsumsi setiap hari. Atau sebesar 5% (kira-kira 25gr atau sebanyak 6 sendok teh) per hari. (ini harus sudah termasuk gula dalam makanan dan minumanmu sehari-hari dan bukan tambahan)

Ketika sedang mengalami eksim, mulailah dengan konsumsi gula dibawah 5% dari kalori yang kamu konsumsi atau sekitar 25%. Saya berusaha sebisa mungkin menghindari gula dalam makanan dan minuman saya, hanya gula alami yang dihasilkan oleh buah.

“Gula buatan apakah aman untuk dikonsumsi?”

art.sweet_

Seringkali kesalahan yang kita buat adalah mengganti gula dengan gula buatan (artificial sugar) yang ramai dijual dipasaran. Sesungguhnya, hal ini justru akan membuat kamu semakin menginginkan gula lebih!

Menurut laporan NCBI,  gula buatan tetap memberikan rasa manis (dan terkadang lebih manis dari gula asli) yang dapat membuat si pemakannya tetap bergantung akan gula dan sulit untuk melepaskan ketergantungannya. Para peneliti menyebutkan bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi gula buatan akan mulai tidak tertarik pada gula alami yang dihasilkan dari buah dan sayur. Pada akibatnya, justru akan semakin menginginkan gula / rasa manis lebih dari sebelumnya.

Sebagai gantinya, konsumsilah gula alami seperti dari kelapa (gula kelapa yang mengandung kadar Glycemic yang rendah), Stevia atau buah-buahan.

“Bagaimana mengurangi gula di dalam diet?”

Temukan Kadar Glycemic makanan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya disini.

Tips lain dari saya untuk mengatasi ketergantungan gula adalah :

  1. Konsumsi Dark Chocolate minimal 75%
  2. Konsumsi protein lebih. Dengan mengurangi gula bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan yang lezat, kan? Kamu bisa menikmati sepiring salmon asap, buah-buahan segar, salad with avocao sauce, dan banyak makanan lezat lainnya yang juga sehat tentunya.

Dengan mengurangi konsumsi gula dari dietmu, eksimmu akan lebih cepat pulih dan mengering. Selain mengurangi rasa gatal, mengurangi gula pada batasnya juga dapat membuat eksimmu yang basah mengering lebih cepat sehingga kulit menjadi lebih sehat, dapat berenegerasi dan mulus kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s