JANGAN DIKIT-DIKIT OBAT

964C40B9-B424-4EE9-906C-65F880E4ECF4Belajar dari sharing Dr. Grace dari @momanddoc , bahwa obat merupakan salah satu alat untuk menyelamatkan manusia. Namun, dalam penggunaannya sendiri tidak boleh sembarangan melainkan harus dengan bijak. Karena tidak semua penyakit membutuhkan penanganan obat secara langsung. Beberapa contoh gejala atau sakit anak umum yang belum memerlukan obat misalnya :

  • Demam ringan

Jika demam anak tergolong ringan, maka moms dapat melakukan beberapa cara natural seperti memberikan essential oils, skin to skin atau kompres dengan air suhu ruang di area lipatan-lipatan tubuh. Jika demam naik-turun selama 2 hari atau meninggi, dapat berikan paracetamol dan periksakan ke dokter.

  • Batuk pilek biasa

Bapil biasanya yang paling sering di alami oleh anak-anak. Kuncinya adalah jangan sampai kita overtreatment untuk bapil biasa. Untuk menangani virus bapil, yang dapat kita lakukan adalah memboost imun anak itu sendiri, bisa dengan essential oils, suplemen immune dan dari makanannya. Beberapa makanan immune booster contohnya sup kaldu, sari pati ayam / sapi, dll. Nebul sendiri hanya boleh dilakukan untuk bapil dengan indikasi dan tidak disarankan untuk bapil biasa. Jika anak memperlihatkan gejala sesak nafas, bengek atau pneumonia, segera periksakan ke dokter.

  • Diare atau sembelit

Diare atau sembelit erat kaitannya dengan menu makanan dan juga kebersihan tableware anak. Saat anak terkena diare atau sembelit, dapat dilakukan beberapa penanganan seperti memberikan jenis buah yang cocok (Sembelit bisa makan buah yang banyak air seperti pear, naga, semangka. Sedangkan diare bisa makan buah seperti pisang, dll). Beberapa treatment lain bisa mulai dari memberikan essential oil, pemberian probiotik, atau membersihkan tempat makan anak dengan cairan dinsifektan. Jika diare atau sembelit semakin parah, konsultasikan ke dokter.

  • Radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Pemberian antibiotik biasanya diperuntukkan ke radang yang disebabkan bakteri dan ini pun harus melakui screening ketat oleh dokter. Moms dapat memberikan essential oils, memperbanyak asupan air putih, makanan penurun panas dalam dan mengurangi makanan gorengan pada anak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s