CARA MERAWAT JAHITAN PASCA PERSALINAN NORMAL

73D26E4D-4DD8-4020-B86F-888ED858340DBagi setiap ibu yang akan menjalani proses persalinan normal perku tahu bahwa pasca melahirkan normal menyebabkan area Miss-V kita mudah terinfeksi akibat adanya bekas jahitan dan darah nifas yang keluar setiap hari. Sementara rasa perih dan nyeri yang menghalangi kita untuk dapat membersihkannya seperti biasanya membuat kita susah untuk menjaga kebersihan Miss-V kita. 

Nah ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan ya moms untuk menghindari infeksi pada area kewanitaan kita pasca persalinan normal, yaitu : 

  • Ganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Sama halnya ketika siklus haid, maka penggunaan pembalut saat nifas pun perlu diganti secara rutin ya moms.
  • Rendam Miss-V dalam air berisi feminime wash 2x sehari saat mandi selama seminggu pasca persalinan. Caranya, gunakan baskom yang pas ditempatkan di toilet duduk kita lalu tuangkan feminime wash dan isi hingga ia berbusa dan penuh, lalu duduklah di atasnya selama 5 menit.
  • Jangan menahan BAK atau BAB agar terhindar dari infeksi saluran kemih
  • Perbanyak konsumsi air putih dan buah agar tidak sembelit yang membuat proses BAB terasa nyeri atau sakit.
  • Biasanya 1 minggu pasca persalinan, akan ada jadwal kontrol dari obgyn unthk melihat apakah jahitannya sudah mengering atau belum.
  • Konsumsi obat yang disarankan obgyn. Biasa obgyn akan meresepkan obat yang dapat membantu luka jahitan dan luka dalam agar lebih cepat mengering. Obat ini biasanya aman dikomsumsi selama menyusui.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s