AIR KETUBAN TIDAK NORMAL DAN ARTINYA

F682D36E-E61D-423A-B843-462692DBB28ASetiap janin dilindungi oleh kantung yang berisi air ketuban. Air ketuban ini selain dapat melindungi janin dari benturan, tapi juga dapat menjadi media belajar janin. Janin belajar menelan, buang air kecil, minum dan bahkan mengenal rasa dari air ketuban. Ada beberapa kondisi tidak normal yang dapat terjadi pada air ketuban, yaitu :

  • Air ketuban keruh kehijauan

Ini biasa diketahui jika ibu sudah mengalami rembedan atau pecah air ketuban. Ini juga terjadi pada kelahiran eegan. Pada pembukaan 8, air ketuban eegan pecah dan berwarna kehijauan. Air ketuban kehijauan bisa disebabkan karena sudah tercemar oleh lemak kulit janin (vernix casiosa) atau mekonium (feses janin).

Ketika janin buang air besar didalam ketuban, maka hal ini mengindikasikan bahwa janin stres dan kekurangan oksigen. Resiko jika air ketuban tercemar oleh mekonium adalah janin dapat menghirup air ketuban masuk ke paru-paru yang membuat paru-paru bayi harus diobservasi saat lahir alakah perlu dibsersihkan dari mekonium atau tidak. Saat eegan lahir, hal ini juga yang menjadi salah satu perhatian dsa nya karena air ketuban yang sudah hijau. Namun, puji Tuhan saat itu walaupun terlahir demam, paru-paru eegan bersih setelah di observasi.

  • Air ketuban berbau busuk

Mengindikasikan adanya infeksi pada rahim.

  • Air ketuban terlalu banyak

Volume air ketuban yang terlalu banyak dapat menyebabkan peregangan rahim sehingga memicu kontraksi sebelum waktunya, menekan diafragma ibu sehingga sulit bernafas, letak janin tidak normal, memicu persalinan prematur, komplikasi plasenta (terlepasnya plasenta), pendarahan dan some cases kematian janin.

  • Air ketuban terlalu sedikit

Pada trimester pertama beresiko menyebabkan cacat janin, keguguran hingga kematian janin. Pada trimester kedua dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Menjelang persalinan dapat meningkatkan resiko komplikasi persalinan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s