Bayi Tidak Suka Sufor

59722420-D65A-4959-8FFF-5D32E21A7CE9

Karena udah beberapa kali ditanya gimana sih cara baby biar mau minum sufor, saya jadi tertarik utk bahas ini 😊. Saya coba share dari pengalaman pribadi aja ya moms – jadi bukan teorinya apalagi sebagai ahli persusuan 😅.

Masalah kenapa asi kenapa sufor ya udalah ya kita tinggalkan aja dulu. Nah jadi Eegan mulai saya campur sufor sejak usia 7 atau 8 bulan, saya agak lupa. Pertamanya sayanpikir ga akan ada masalah, toh sama-sama susu, eh ternyata punya ternyata baby itu hanya mau minum apa yang dia biasa minum (apalagi di 7-8 bln dia uda ngerti rasa).

Jadi, awal mula dikasih sufor ditolak mentah-mentah donk. Minum pun sambil nolak nangis dan cuma mau minum 30 ml. Parahnya lagi pas diicip, dia oek-oek mau muntah lho 😅. Klo kata orang dulu kan ya emank enakan ASI dari sufor karena kan perpaduan rasa dari makanan kita ya kan 😂. Tapi satu sisi ya susah juga kalo ga mau sufor sama sekali, apalagi saat stock asip uda menipis.

Dan saya jadi bersyukur saya mulai dari pas stock asip saya masih “medium”, sekarang pas udah bener-bener pas-pasan, Eegan udah bisa minum sufor tanpa masalah. Oke back to cerita awal.

Jadi kadang dia nangis ga mau minum, saya jadi harus buang sufor ganti asi. Beberapa kali saya begitu. Dari sini, saya mulai puter otak gimana caranya biar dia bisa mau sufor.

🍼Berikan sufor saat malam hari. Kalau saya : pas dia bangun subuh untuk nyusu. Nah dia lebih mau karena kan setengah teler ya kan 😅. Jadi antara ngeh dan ga, ya dia minum

🍼Lebihin takaran airnya. Jadi awalnya saya pake salah satu sufor yang menurut saya kemanisan! Dibuang 1 kaleng bisa nangis bombay ya kan, jd saya akali dengan lebihin airnya 20 ml biar ga terlalu manis. And it works! Eegan lebih mau minum. Lama-lama saya kurangi lagi jadi cuma lebihin 10 ml sampai akhirnya udah pake takaran aslinya.

🍼Harus sabar ya moms. Krn emang butuh adaptasi, jadi kadang emang harus selingi lagi dengan ASI. That’s why yang udah mau stop ASI, mending mulai kenalin sufor saat masih ada asip nya. Jangan dari full asi, trus asi udah bener-bener ga ada baru jreng jreng full sufor. Some babies butuh penyesuaian. Jd bisa mulai dari sistem campur dulu asi – sufor.

🍼Pilih sufor yang cocok. Kadang di awal susah sih menentukan sufor yang pas. Krn pasti semuanya ditolak. Trus sufor juga emank cocok-cocokan juga ya kan. Jadi belilah dari kemasan yang kecil dulu, kalau cocok baru beli yang gedean. Saya berganti sufor 2x, yg pertama menurut saya kemanisan trus sekarang jadinya pake s26 promil gold dan puji Tuhan cocok.

🍼Jangan terbalik antara tuang susu dulu or air dulu. Yang bener adalah air dulu baru susu. Kalau tuang susu dulu, jadinya akan lebih pekat. Trus atur temperaturnya, liat babynya lebih suka hangat apa dingin. Klo Eegan suka hangat, dan sufor itu rata2 emank enakan hangat kayaknya 😄. Klo asi, hangat or dingin sih setau saya baby ga terlalu bawel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s